4 SEHAT 5 SEMPURNA LAWAN COVID-19

Oleh dr. Dhia Clarissa Putri



Sudah hampir 5 bulan dunia berhadapan dengan virus SARS-CoV-2 atau yang lebih familiar dengan sebutan COVID-19. Kecepatan penyebaran COVID-19 yang tinggi ini mengharuskan orang-orang untuk diam di rumah dan bekerja atau sekolah secara online. Meskipun demikian, angka kasus COVID-19 ini tak kunjung menurun. Oleh karena itu, pemerintah memutuskan untuk beradaptasi dan melanjutkan kehidupan di tengah pandemi Coronavirus ini.


Untuk mempersiapkan masyarakat Indonesia dalam menghadapi era New Normal COVID-19 sambil tetap bekerja dan beraktivitas, Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 mengenalkan slogan 4 Sehat 5 Sempurna Lawan COVID-19. Semua orang pasti sudah familiar dengan slogan ini, tetapi 4 Sehat 5 Sempurna yang ini bukan tentang kelompok makanan gizi seimbang, namun sebagai upaya pencegahan COVID-19 di era New Normal. Poin-poin 4 Sehat 5 Sempurna yang dimaksud BNPB adalah:




1. Gunakan masker

Sejak direkomendasikan oleh Center for Disease Control and Prevention (CDC), masker telah menjadi barang yang wajib dimiliki dan digunakan oleh semua orang saat keluar rumah. Hal ini tetap berlaku saat mulai bekerja atau beraktivitas lagi di era New Normal, ya, Sobat Sehat. WHO juga baru saja mengumumkan bahwa masker wajib digunakan pada daerah dengan transmisi luas atau ketika physical distancing tidak efektif dilakukan. Penggunaan masker diharapkan dapat melindungi pemakainya dari paparan droplets yang merupakan media penularan virus Corona. Saat ini, berbagai jenis masker dapat dijumpai dengan mudah di pasaran. Orang sehat dianjurkan menggunakan masker kain (berbahan 3 lapisan), sedangkan tenaga medis atau orang yang sedang sakit dianjurkan menggunakan masker bedah. Jangan lupa kenakan masker dengan benar ya, harus menutupi hidung dan mulut. Bila menggunakan masker kain, perhatikan juga cara membersihkan masker kain yang benar, ya!


2. Jaga jarak (physical dan social distancing)

Social distancing (saat ini diganti menjadi physical distancing) sudah mulai digalakkan sejak awal penyebaran COVID-19. Ketika menerapkan physical distancing, seseorang harus menjaga jarak minimal 6 kaki (1.8 meter) atau 2 rentangan tangan, menghindari kontak langsung seperti berjabat tangan, berpelukan, atau kontak fisik lainnya. Selain itu, tidak diperbolehkan untuk menyelenggarakan dan menghadiri acara yang melibatkan kerumunan.


3. Rajin cuci tangan dengan sabun


Cuci tangan menggunakan air mengalir dan sabun sejak dulu sudah menjadi bagian dari Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Kebiasaan ini memang harus selalu dilakukan, terlepas dari adanya pandemi atau tidak. Hindari menyentuh makanan dan area wajah jika tanganmu belum bersih ya, Sobat Sehat. Jangan lupa untuk menerapkan cara cuci tangan yang benar sesuai rekomendasi WHO.


4. Olahraga teratur, istirahat cukup, dan tidak panik

Selama pandemi, penting bagi kita semua untuk menjaga daya tahan tubuh supaya tidak mudah sakit. Rutin olahraga dan istirahat cukup sangat membantu untuk menjaga tubuh tetap sehat. Anjuran untuk tetap tinggal di rumah bukan menjadi alasan untuk tidak olahraga, ya, Sobat Sehat. Selain itu, jangan panik dan stay positive bahwa kita bisa melalui ini semua.


5. Makan makanan bernutrisi seimbang


Nutrisi seimbang dapat dijumpai pada makanan 4 Sehat 5 Sempurna yang biasa kita dengar, yaitu karbohidrat, protein, sayuran, buah-buahan, dan susu. Namun, untuk menjaga supaya porsinya tetap sehat dan seimbang, penting untuk berpedoman pada piramida makanan dan menyesuaikannya dengan kebutuhan kalori harian.



Penulis:

dr. Dhia Clarissa Putri

dhiaclarissa@gmail.com

Dokter Umum


Editor:

dr. Stephen Valentino

stephenvalentinomd@gmail.com

Dokter Umum


Referensi:

  1. Rengasamy S, Eimer B, Shaffer RE. Simple Respiratory Protection—Evaluation of the Filtration Performance of Cloth Masks and Common Fabric Materials Against 20–1000 nm Size Particles. The Annals of Occupational Hygiene, Volume 54, Issue 7, October 2010, Pages 789–798, https://doi.org/10.1093/annhyg/meq044

  2. https://covid19.go.id/p/berita/terapkan-4-sehat-5-sempurna-kekinian-hadapi-covid-19 (diakses pada 2 Juni 2020)



23 tampilan

informasi kesehatan terpercaya

  • White Facebook Icon
  • White Instagram Icon

info@healthierindonesia.org              Healthier Indonesia                healthier.indonesia