BIG FIVE PERSONALITY – OCEAN: Bagaimana Ciri Kepribadian Anda?

Paulin S. Phillabertha (Penulis)

Marsa Harisa D. (Editor)



Terdapat berbagai macam tes kepribadian, salah satunya adalah Big Five Personality – OCEAN. Menurut pendapat para peneliti, big five personality atau bisa disebut sebagai the five-factor theory menggambarkan sifat-sifat penting yang membentuk kepribadian Anda. Jika Anda mencoba tes kepribadian ini (lihat link di bawah), dari kelima sifat-sifat penting berikut ini, kira-kira hasil tes Anda akan seperti apa?


1. Extraversion

  • Seorang extravert akan lebih bersemangat bila berinteraksi dengan banyak orang. Mereka memiliki ciri-ciri bersemangat, pandai bersosialisasi, berani menyatakan pendapat, dan sangat ekspresif.

  • Seseorang dengan nilai extraversion yang tinggi memiliki perasaan kasih sayang dan suka cita yang meluap-luap, akan aktif bergabung dengan kerumunan, banyak berbicara, memiliki sifat yang periang, aktif berkegiatan, dan memiliki semangat yang menggebu (passionate).

  • Seseorang dengan nilai extraversion yang rendah akan cenderung bersifat pendiam, lebih suka menyendiri, pasif dalam kegiatan, dan tidak banyak mengekspresikan emosinya.


2. Agreeableness

  • Seseorang yang memiliki nilai agreeableness yang tinggi digambarkan sebagai seseorang yang berhati lembut. Sebaliknya, orang yang memiliki nilai yang rendah digambarkan sebagai seseorang yang kejam.

  • Seseorang dengan nilai agreeableness tinggi memiliki berbagai sikap pro sosial yaitu seperti menjadi seseorang yang penuh kepercayaan, kooperatif, memiliki minat yang besar terhadap orang lain, perhatian terhadap orang lain, empati, suka membantu dan berkontribusi terhadap kebahagiaan orang lain, senang membantu orang lain, murah hati, dan baik hati.

  • Sebaliknya, Seseorang yang memiliki nilai agreeableness rendah cenderung menjadi seseorang yang tidak ramah, memiliki minat yang kecil terhadap orang lain, tidak ramah, pelit, mudah tersinggung, menghina, dan meremahkan orang lain, dan tidak mempedulikan perasaan orang lain.


3. Openness to experience

  • Openness to experience berarti seseorang akan terbuka terhadap sesuatu yang berbeda, akan secara konsisten mencari berbagai pengalaman yang bervariasi, dan cenderung mempertanyakan nilai-nilai tradisional. Ringkasnya, seseorang yang memiliki nilai keterbukaan yang tinggi merupakan seseorang yang kreatif, imajinatif, memiliki rasa ingin tahu yang besar, dan liberal.

  • Seseorang dengan nilai keterbukaan yang rendah akan cenderung merasa nyaman dengan hal-hal yang biasa mereka lakukan berulang, mendukung nilai-nilai tradisional, dan melestarikan gaya hidup yang sudah ada. Ringkasnya, orang dengan openness to experience yang rendah akan bersifat konvesional, membumi, konservatif, dan memiliki rasa ingin tahu yang tidak besar.


4. Conscientiousness

  • Ciri-ciri dari sifat ini yaitu seseorang yang teratur, terkontrol, terorganisir, ambisius, berfokus pada pencapaian, dan disiplin diri.

  • Seseorang dengan nilai conscientiousness yang tinggi cenderung bekerja keras, teliti, memperhatikan detail, tepat waktu, menyelesaikan tugas penting sesegera mungkin, tekun, menghabiskan waktu mempersiapkan suatu hal, dan menikmati jadwal yang sudah disepakati.

  • Sebaliknya, seseorang dengan nilai conscientiousness rendah cenderung menjadi seseorang yang tidak menyukai struktur dan jadwal, menunda tugas penting, tidak teroganisir, lalai, malas, dan cenderung menyerah jika tugas yang diberikan sulit. Mereka tipe orang-orang yang akan gagal mengembalikan barang yang dipinjam atau mengembilkan barang ke tempat semula (seperti kalau meminjamkan pulpen).


5. Neuroticism

  • Ciri-ciri dari neuroticism adalah orang yang sering sedih, murung, dan memiliki emosi yang tidak stabil.

  • Seseorang dengan nilai neuroticism yang tinggi cenderung menjadi cemas, temperamental, emosional, mengasihani diri sendiri, kurang percaya diri, dan rentan terhadap stres.

  • Sebaliknya, seseorang dengan nilai neuroticism rendah cenderung lebih tenang, tidak mudah marah, nyaman menjadi dirinya sendiri, terkesan tidak peduli (dingin), dan mimiliki tekad yang keras.


Pada kenyataannya, kepribadian seseorang sering berada pada titik diantara nilai tertinggi dan nilai terendah dari salah satu kepribadian di atas. Dari kelima kepribadian utama di atas, kira-kira Anda termasuk kepribadian yang manakah? Jika Anda ingin menguji diri, cobalah tes kepribadianmu melalui link ini. Selamat mencoba dan mengenali kepribadianmu!


Penulis: Paulin Surya Phillabertha, S.Ked.

paulinephillabertha@gmail.com

Dokter Muda RSUP Dr. Sardjito


Editor: Marsa Harisa, S.Ked.

marsa.harisa@gmail.com

Dokter Muda RSUP Dr. Sardjito


Desainer Grafis: Ninda Feranggita Pradani, S.Gz.

nferanggita@gmail.com


Referensi


  1. Cherry, Kendra. 2019. The Big Five Personality Traits. https://www.verywellmind.com/the-big-five-personality-dimensions-2795422. Diakses 24 Juni 2019

  2. Feist, Jess dan Feist, Gregory J. 2006. Theories of Personality. Edisi 6. New York – McGraw Hill

2288 tampilan

informasi kesehatan terpercaya

  • White Facebook Icon
  • White Instagram Icon

info@healthierindonesia.org              Healthier Indonesia                healthier.indonesia