Work From Home Depan Komputer yang Nyaman walaupun Seharian? Inilah Kiat-Kiatnya!

Oleh dr. Lintang Sagoro



Saat ini, hampir seluruh pekerjaan bisa kita kerjakan dengan komputer, baik itu pekerjaan kantor, tugas kuliah, bisnis, dan masih banyak lainnya. Terutama saat-saat Work From Home (WFH) seperti ini. Ketergantungan pekerjaan sehari-hari dengan penggunaan komputer membuat kita banyak menghabiskan waktu duduk di depan komputer, baik itu saat Anda bekerja seharian di kantor, mengerjakan tugas di kafe, atau di rumah. Tapi, apakah bekerja seharian di depan komputer bisa meninbulkan dampak negatif bagi kesehatan kita? Untuk tahu jawabannya, perlu kita pahami apa yang dimaksud dengan posisi bekerja ergonomis!


Apa yang dimaksud dengan posisi bekerja ergonomis?


Ergonomis memiliki arti posisi bekerja yang nyaman. Posisi bekerja yang tidak ergonomis dapat membuat kita mengeluhkan rasa pegal atau kaku pada leher, punggung, pergelangan tangan, atau jari-jari. Oleh karena itu, penting sekali untuk benar-benar mengerti posisi bekerja yang ergonomis agar produktivitas dalam bekerja tetap terjaga.


Bagaimana caranya menjaga posisi bekerja ergonomis?


Berikut adalah beberapa kiat untuk mempersiapkan lingkungan dan postur dalam posisi bekerja ergonomis.


1. Gunakan kursi yang tepat!


Pemilihan kursi yang bisa disesuaikan dengan postur tubuh kita sangat penting untuk menunjang posisi bekerja yang ergonomis. Ini karena kursi yang dapat menopang postur tubuh kita akan mengurangi stress berlebih pada tubuh kita yang ditimbulkan oleh posisi duduk yang salah. Ketentuan kursi yang tepat adalah sebagai berikut.


  • Sandaran punggung kursi harus bisa menopang lengkungan alami punggung Anda, terutama lengkungan bawah punggung.

  • Kursi harus memiliki dudukan senyaman mungkin untuk Anda.

  • Pastikan kedua kaki menapak pada lantai atau sandaran kaki saat duduk.

  • Jika kursi yang anda pilih terdapat sandaran tangan, maka sandaran tangan baiknya yang berbahan empuk dan dapat melemaskan bahu anda saat bekerja.



2. Perhatikan peletakan benda-benda yang sering anda gunakan dalam bekerja seperti pointer/mouse.


Pastikan bahwa benda-benda tersebut memenuhi ketentuan-ketentuan di bawah ini.


  • Letakan pointer/mouse dekat dengan keyboard.

  • Gunakan tangan secara bergantian saat mengoperasikan pointer/mouse.

  • Gunakan shortcuts pada keyboard untuk meminimalisir gerakan-gerakan yang tidak perlu dalam bekerja dalam waktu yang lama.

  • Gunakan speaker pada telepon atau mengenakan headset saat anda harus mengangkat telepon dalam jangka waktu yang lama.



3. Memilih meja kerja yang sesuai dan mampu mengakomodasi kebutuhan kerja anda.


Meja kerja yang baik dan benar harus memberikan ruang yang cukup untuk penempatan komponen komputer, menyediakan ruang yang cukup bagi kaki Anda, dan meminimalisir postur tubuh yang salah saat bekerja. Perhatikan hal-hal berikut ini.


  • Permukaan meja kerja harus dapat memberikan ruang yang cukup untuk menempatkan laptop atau monitor tepat di depan anda dan setidaknya berjarak 50 cm dari muka Anda.

  • Hindari penyimpanan barang seperti CPU di bawah kolong meja kerja.


4. Letakkan monitor atau laptop secara tepat.


Pemilihan dan penempatan monitor yang tepat akan membantu Anda mengurangi kemungkinan postur yang salah ketika bekerja atau menoleh, serta dapat mengurangi kilauan layar monitor yang mengakibatkan berkurangnya lapangan pandang. Perhatikan ketentuan berikut ini,


  • Letakkan monitor dibawah eye level Anda (garis lurus yang sejajar dengan mata Anda).

  • Letakkan monitor atau laptop setidaknya 50 cm dari mata Anda.

  • Pastikan posisi monitor berlawanan dengan jendela agar tidak silau.

  • Atur tingkat kecerahan layar monitor agar sesuai preferensi Anda.

  • Jika Anda memandang layar monitor dalam waktu yang lama, bantu mata Anda istirahat dengan cara mengalihkan pandangan pada suatu objek yang jauh, (seperti jam dinding) sambil berkedip. Lakukan hal ini secara teratur.


5. Perbaiki postur Anda saat bekerja.


Posisikan postur tubuh agar sesuai dengan posisi alami lengkungan tubuh, Ini bisa membantu kita mengurangi stres pada otot dan tendon agar bisa mengurangi risiko cedera dalam bekerja. Perhatikan hal-hal berikut ini.


  • Tangan, pergelangan tangan, dan lengan harus dalam posisi yang lurus dan sejajar dengan lantai.

  • Kepala harus tegap, seimbang, dan tidak dalam posisi menoleh. Posisi kepala harus sejajar dengan posisi badan.

  • Bahu harus dalam posisi rileks dan lengan atas menggantung secara normal disamping badan (tidak digunakan sebagai tumpuan).

  • Posisi siku ditekuk diantara 90 sampai 120 derajat.

  • Kedua telapak kaki harus menempel pada lantai atau sandaran kaki. Jangan gunakan sisi samping kaki atau jari-jari kaki sebagai tumpuan.

  • Sandarkan punggung pada sandaran punggung kursi yang sudah dipastikan ergonomis.

  • Posisi lutut sejajar dengan ketinggian panggul dengan posisi kedua kaki sedikit maju ke depan.



Begitulah langkah-langkah yang dapat kita ambil sembari Work From Home (WFH), Sobat Sehat. Meskipun WFH, kita tetap harus menjaga posisi kerja agar ergonomis, ya. Tetap produktif dan sehat saat WFH!



Penulis:

dr. Lintang Sagoro P.

lintangsagoro@gmail.com

Dokter Umum


Editor:

Marsa Harisa D., S.Ked.

marsa.harisa@gmail.com

Dokter Muda


Fotografer:

Kevin Darmawan, S.Ked.

kevindarma15@gmail.com

Dokter Muda




Referensi:

  1. Occupational Safety and Health Administration. (2020). Workstations components — Monitors. Occupational Safety and Health Administration. [online] Available at: https://www.osha.gov/SLTC/etools/computerworkstations/components_monitors.html. [Accessed 13 Feb. 2020].

  2. Occupational Safety and Health Administration. (2020). Pointer/mouse. Occupational Safety and Health Administration. [online] Available at: https://www.osha.gov/SLTC/etools/computerworkstations/components_pointers.html. [Accessed 13 Feb. 2020].

  3. Occupational Safety and Health Administration. (2020). Workstations components — Desks. Occupational Safety and Health Administration. [online] Available at: https://www.osha.gov/SLTC/etools/computerworkstations/components_desk.html. [Accessed 13 Feb. 2020].

  4. Occupational Safety and Health Administration. (2020). Workstations components — Chairs. Occupational Safety and Health Administration. [online] Available at: https://www.osha.gov/SLTC/etools/computerworkstations/components_chair.html. [Accessed 13 Feb. 2020].

  5. Occupational Safety and Health Administration. (2020). Good Working Positions. [online] Available at: https://www.osha.gov/SLTC/etools/computerworkstations/positions.html [Accessed 13 Feb. 2020].

55 tampilan

informasi kesehatan terpercaya

  • White Facebook Icon
  • White Instagram Icon

info@healthierindonesia.org              Healthier Indonesia                healthier.indonesia