Benarkah Tiga Butir Nastar Setara dengan Sepiring Nasi?

Oleh Melissa Stephanie Kartjito



Berita:


"Nastar ada bermacam-macam tergantung bahan yang dipakai, tapi tiga nastar itu kurang lebih 120 sampai 140 kalori. Punya kalori yang sama dengan sepiring nasi," ujar Tirta di Jakarta, dilansir Antara, Selasa, 28 Mei 2019.

Sumber: https://www.liputan6.com/lifestyle/read/3980334/wah-makan-3-kue-nastar-ternyata-setara-sepiring-nasi

KESIMPULAN:

Benar, tapi tergantung kandungan kalori per nastar dan jumlah porsi nasi sepiring


Kue kering nastar selalu menjadi hidangan favorit saat menyambut Lebaran. Menjelang Lebaran, kue ini biasa disajikan untuk menyambut tamu, maupun keluarga yang berkunjung ke rumah.


Nastar adalah sejenis kue kering dari adonan tepung terigu, mentega dan telur yang diisi dengan selai buah nanas. Asal katanya dari bahasa Belanda ananas dan taart. Bentuk kue ini bulat-bulat dengan diameter sekitar 2 cm, di atasnya sering dihias dengan potongan kecil kismis atau cengkeh. Kue kecil yang harum dan renyah ini bisa bikin ketagihan, dan bentuknya yang kecil membuat setoples nastar habis dengan cepat. Hayo, ada yang mengalami hal yang sama…?


Mari kita bahas kue nastar baik dari kandungan kalori maupun indeks glikemik.


Bagaimana kandungan kalori buah nastar?

Apakah teman-teman tahu berapa banyak kalori yang telah diasup dari tiga butir nastar saja jika dibandingkan dengan sepiring nasi? Satu porsi kecil nasi putih (100 gram) mengandung kalori sebanyak 175 kalori (kkal). Referensi porsi dapat dilihat di gambar di bawah ini (diameter piring sekitar 23 cm):



Kandungan kalori nastar dapat sangat bervariasi tergantung resep yang digunakan. Jika satu nastar mengandung 75 kalori (sumber @matatoofficial), kandungan kalori pada satu piring nasi (porsi kecil) sama dengan 2,33 butir nastar, yang jika dibulatkan ke atas menjadi 3 butir. Eits, jangan kaget dulu! Tidak semua nastar kandungan kalorinya setinggi itu. Menurut @beautynesia.id, kalori satu nastar bisa juga sekitar 25 kalori, sehingga satu piring nasi (porsi kecil) sama dengan 7 butir nastar.


Bagaimana indeks glikemik buah nastar?

Selain kalorinya yang cukup tinggi, bahan-bahan yang digunakan untuk membuat nastar memiliki indeks glikemik yang tinggi, contohnya tepung dan gula.


Apa sih indeks glikemik itu? Indeks glikemik adalah indikator untuk mengukur cepat atau lambatnya unsur karbohidrat dalam bahan pangan meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh. Makanan dengan indeks glikemik tinggi akan menyebabkan kenaikan kadar gula darah yang cepat, tapi menyebabkan penurunan yang cepat juga. Akibatnya, akan cepat kenyang tapi cepat lapar juga… lalu ingin makan lagi sehingga menambah asupan kalori yang masuk dalam tubuh.


Untuk penderita diabetes, sebaiknya mengonsumsi makanan dengan indeks glikemik rendah untuk menjaga kadar gula darah. Jadi, untuk yang ingin menurunkan berat badan atau menderita diabetes, sebaiknya hati-hati dalam mengonsumsi kue-kue lebaran seperti nastar ini ya.


Sayangnya, kebanyakan kue nastar yang dijual memang tidak mencantumkan kandungan gizi sehingga agak sulit untuk menentukan kalorinya.


Oleh karena itu, tetap boleh ngemil nastar, tapi hati-hati dengan kalorinya, ya…Silakan saja menikmati beberapa butir nastar, tapi mending jangan langsung habis satu toples!

Penulis:

Melissa Stephanie Kartjito

melissa.s.kartjito@gmail.com

Mahasiswa Gizi Kesehatan


Editor:

dr. Marsa Harisa Daniswara

marsa.harisa@gmail.com

Dokter Umum

Fotografer:

Mia Anisaúl Yuhdiah

miaanisaul19@gmail.com

Mahasiswi Ilmu Keperawatan


Referensi:

  1. Aneka Makanan Manis dan Pedas [@matatoofficial]. (2020, Mei 9). [Berapa kalori nastar?]. Diakses dari https://www.instagram.com/p/B_9lTFoF4It/

  2. Beauty | Health | Fashion [@beautynesia.id]. (2018, Juni 18). [Apa kue lebaran favorit kamu?]. Diakses dari https://www.instagram.com/p/BkJ4QLEg8nW/

  3. The Canadian Diabetes Association. (2013). Glycemic Index Food Guide. guidelines.diabetes.ca. Retrieved 21 May 2020, from http://guidelines.diabetes.ca/docs/patient-resources/glycemic-index-food-guide.pdf.

  4. Tim Survei Konsumsi Makanan Individu. (2014). Buku Foto Makanan. Jakarta: Kementerian Kesehatan Indonesia.

  5. Wibowo, R., & Handayani, S. (2014). Koleksi Resep Kue Kering. Jakarta: Kawan Pustaka.



44 tampilan0 komentar

informasi kesehatan terpercaya

  • White Facebook Icon
  • White Instagram Icon

info@healthierindonesia.org              Healthier Indonesia                healthier.indonesia